FH UNSOED Launching Program Magister Kenotariatan (MKn)

[unsoed.ac.id, Rab, 22/02/17] Fakultas Hukum (FH) Unsoed melaunching Program Magister Kenotariatan (MKn), Selasa (21/2). Pembukaan Program MKn ini setelah adanya Keputusan Menteri Riset, Tekonologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 484/KPT/I/ 2016 tertanggal 11 November 2016 tentang Pembukaan Program Studi Kenotariatan Program Magister pada Universitas Jenderal Soedirman. Bertempat di Gedung Justisia III FH, hadir Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan/WR II, para Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, para Kepala Biro, para Anggota Senat FH, Direktur RSGMP, para Dosen dan tenaga Kependidikan, serta para tamu undangan.

Dekan FH Dr. Angkasa, S.H.,M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas dibukanya Program Magister Kenotariatan di FH Unsoed, karena selain sudah cukup lama ditunggu kehadirannya antara oleh alumni S1 FH Unsoed dan masyarakat Banyumas sekitarnya, sekaligus merupakan wujud hasil perjuangan yang sungguh-sungguh konsisten dengan durasi waktu yang cukup lama oleh segenap pihak. “Sebagai pimpinan Fakultas, kami siap dan bertekad untuk mengelola program Magister Kenotariatan ini dengan sebaik-baiknya. Visinya yaitu menjadi Program Studi MKn yang unggul di tingkat nasional dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan ilmu hukum kenotariatan berbasis moral dan kearifan lokal”, demikian ungkap Dekan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan/WR II yang membacakan sambutan Rektor menyampaikan bahwa saat ini kehidupan sosial masyarakat semakin kompleks, terkait hal tersebut masalah kepastian hukum menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Menjadi kewajiban Unsoed sebagai institusi pendidikan tinggi untuk berkontribusi di masyarakat khususnya melalui ilmu pengetahuan dan melalui pendirian Mkn ini diharapkan menjadikan Unsoed semakin berkontribusi di dalam memberikan rasa aman dan kepastian hukum di masyarakat. “Nantinya akan lahir para Notaris yang memiliki kewenangan untuk membuat dokumen Akta hukum yang bersifat otentik dan pastinya banyak masyarakat yang membutuhkan hal tersebut”, demikian ungkap Rektor. Rektor sangat mengapresiasi berdirinya Program MKn ini di FH Unsoed dengan harapan kelak lulusan memiliki kompetensi dan kualifikasi sesuai yang diharapkan. Notaris lulusan Unsoed harus berpegang kepada sifat-sifat yang amanah, senantiasa dilandasi kejujuran, dan ketelitian di dalam bekerja serta seksama serta berpegang teguh pada kode etik profesional, dan aturan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut WR II menyerahkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi MKn FH Unsoed kepada Dr. Sulistyandari SH.M.Hum selaku Ketua Program Studi MKn didampingi Dekan.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan selubung MKn oleh WR II bersama Dekan FH yang disaksikan oleh tamu undangan.