• Dari kiri ke kanan : Wakil Direktur Bidang Akademik & Kemahasiswaan Dra. Yulia Sistina, M.Sc.Stud., Ph.D., Direktur Pascasarjana Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si., dan Wakil Direktur Bidang Umum & Keuangan Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M.Sc., Ph.D.

Home » Program Studi » Doktor Ilmu Pertanian

Doktor Ilmu Pertanian

Visi Program Studi

Mengacu kepada visi UNSOED, visi Fakultas Pertanian dan Pascasarjana UNSOED, masukan dari seluruh stakeholder, rapat, diskusi, workshop dan studi banding maka dirumuskan visi PSDIP sebagai berikut: ”Pada tahun 2034 menjadi pusat pendidikan doktor, kajian dan pengembangan pertanian berbasis perdesaan dan kearifan lokal berskala internasional”.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berkemampuan mengembangkan teori atau konsepsi atau gagasan ilmiah baru serta pemecahan masalah produksi pertanian berbasis perdesaan dan kearifan lokal hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji .
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi produksi  pertanian inovatif berbasis perdesaan dan kearifan lokal serta relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian yang bermanfaat bagi kemashlahatan manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi negeri dan swasta, dalam dan luar negeri, terkait dengan pengembangan produksi petanian berbasis perdesaan dan kearifan lokal.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan doktor yang berkemampuan menemukan dan atau mengembangkan teori atau konsepsi atau gagasan ilmiah baru yang terkait dengan produksi pertanian berbasis perdesaan dan kearifan lokal.
  2. Memutakhirkan ilmu dan teknologi produksi pertanian sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembangunan berkelanjutan.
  3. Mengembangkan sumberdaya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) yang bermutu untuk menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.
  4. Merumuskan alternatif pengelolaan sumber daya perdesaan dan kearifan lokal untuk menunjang pembangunan berkelanjutan

BEBAN DAN JANGKA WAKTU STUDI

Beban studi Program Doktor (S-3) Ilmu Pertanian yaitu 72 SKS.  Studi dirancang agar dapat diselesaikan dalam waktu 6-10 semester (3-5 tahun). Mata kuliah teori diberikan selama 1 semester, dan sisanya dipergunakan untuk penelitian, publikasi internasional, dan penyusunan dIsertasi.  Program Doktor (S-3) Ilmu Pertanian menyelenggarakan matrikulasi pada awal masa perkuliahan apabila mahasiswa berasal dari ilmu yang tidak sebidang.

 

Koprodi Doktor Ilmu Pertanian : Dr. Saparso

 

 

 

Website Doktor Ilmu Pertanian