Home » Program Studi » S2 Ilmu Lingkungan

S2 Ilmu Lingkungan

Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman mulai dibuka tahun 2001 sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2827/D/T/2001 tanggal 30 Agustus 2001 dan pertama kali menerima mahasiswa adalah pada tahun akademik 2001/2002. Pada saat ini telah mendapatkan Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 005/BAN-PT/Ak-X/S2/VI/2012.

 

Visi program adalah dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu lingkungan dengan pendekatan multidisiplin, serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mencapai visi, misi program adalah dapat melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

  1. Pembelajaran secara mendalam dan menyeluruh tentang ilmu lingkungan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya secara lestari dan menciptakan lingkungan yang baik.
  2. Penelitian secara mendalam, berkelanjutan dan bertanggung jawab tentang permasalahan lingkungan dalam upaya pembangunan berkelanjutan.
  3. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis ilmu lingkungan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, program diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dan manager bidang lingkungan yang berkualitas dan memiliki komitmen terhadap sasaran pembangunan yang berkelanjutan sesuai bidang keahlian dan profesinya dengan pendekatan multidisiplin.

Mahasiswa dapat dinyatakan lulus dan menyandang gelar “M.Si.” jika telah meyelesaikan minimal 40 satuan kredit semester (SKS).

Bidang konsentrasi ditawarkan dengan memilih salah satu dari yang ada sebagai berikut:

  1. Kebijakan & Manajemen Lingkungan (S1 IPA & IPS)
  2. Konservasi Sumberdaya Alam & Lingkungan (S1 IPA)

SKS yang ditempuh terdiri dari mata kuliah wajib, pilihan dan tugas akhir. Mata kuliah wajib meliputi Ekologi Tropik, Prinsip Ilmu Lingkungan, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Kebijakan dan Hukum Lingkungan, Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah, Pengelolaan Sumberdaya Alam, Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem, Pengelolaan Limbah dan Pengendalian Pencemaran, Statistik dan Metodologi Penelitian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup, serta Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Mata kuliah pilihan bidang Konsentrasi Kebijakan dan Manajemen Lingkungan meliputi Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat, Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Alam  dan Lingkungan, Kelembagaan Pengelolaan Lingkungan, Ekologi Manusia, Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Dinamika Sosial dan Kearifan Lokal, Instrumen Pengelolaan Lingkungan Hidup, Analisis Sistem, Perencanaan dan Pengambilan Keputusan, Pemberdayaan Masyarakat, serta Sosiologi, Komunikasi dan Interpretasi Lingkungan.

Mata kuliah pilihan bidang Konsentrasi Konservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan meliputi Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat, Konservasi Satwa Liar dan Langka, Pengelolaan Wilayah Pantai dan Pesisir, Pengelolaan Wilayah Daerah Aliran Sungai, Toksikologi Lingkungan, Instrumen Pengelolaan Lingkungan Hidup, Analisis Sistem, Pengelolaan Sumberdaya Hutan Tropik, Konservasi Kualitas Lingkungan, serta Pertanian Berkelanjutan.

Sekretariat :

Kompleks Gedung Pascasarjana

Universitas Jenderal Soedirman

Jl. Dr. Soeparno Purwokerto 53122

Phone/Facs: 0281 – 641622

E-mail: pmsil@unsoed.ac.id dan pmsil_unsoed@yahoo.com

http://pmsil.unsoed.ac.id