Home » Program Studi » S2 Ilmu Ekonomi

S2 Ilmu Ekonomi

Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman (PSMIE PPs UNSOED) didirikan pada 1 Juni 2001 sesudah memperoleh ijin penyelenggaraan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nomor 1864/D/T/2001.

Lulusan program studi S-2 Ilmu Ekonomi adalah seorang magister yang mampu mengembangkan dan menguasai ilmu ekonomi yang mutakhir, terampil, memecahkan permasalahan ekonomi melalui penelitian ilmiah, dan mampu melakukan analisis yang tajam, komprehensif, serta terpadu khususnya di bidang konsentrasi ekonomi publik dan keuangan daerah, ekonomi sumberdaya dan pembangunan daerah, ekonomi dan keuangan syariah dalam upaya pengembangan profesionalisme.

Program Studi S-2 Ilmu Ekonomi diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kompetensi bidang konsentrasi yaitu :

1.  Ekonomi Publik Dan Keuangan Daerah

2.  Ekonomi Sumberdaya Dan Pembangunan Daerah

3.  Ekonomi Dan Keuangan Syariah

Visi : Pada tahun 2020 MIE merupakan Program Studi yang andal di bidang Ilmu Ekonomi yang relevan dengan pengembangan sumber daya dan kearifan lokal.

Misi :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Ekonomi Sumberdaya dan Pembangunan Daerah, Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah, serta Ekonomi dan Keuangan Syariah.
  2. Menghasilkan produk penelitian dan tindak lanjut dalam kegitan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan  bidang Ekonomi Sumberdaya dan Pembangunan Daerah, Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah, serta Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk mendukung pengembangan ilmu dan pelaksanaan Pembangunan Ekonomi Daerah.
  3. Membantu serta  melayani masyarakat dan Pemerintah Daerah di bidang ekonomi.

Tujuan :

  1. Tujuan jangka pendek  Program Studi MIE UNSOED adalah menghasilkan lulusan Magister  Ilmu Ekonomi yang mempunyai kualifikasi  di bidang  Ekonomi Sumberdaya dan Pembangunan Daerah, Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah, serta Ekonomi dan Keuangan Syariah.
  2. Tujuan jangka menengah Program Studi MIE UNSOED adalah (a) mampu menghasilkan riset-riset unggulan di bidang Ilmu Ekonomi, (b) Peka dan mampu mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan ekonomi daerah.
  3. Tujuan jangka panjang Program Studi MIE UNSOED adalah mampu merefleksikan teori dan hasil penelitian serta metode pemecahan masalah di masyarakat dan Pemerintah  Daerah.
Sekretariat :

Kompleks FE-UNSOED Gd.F Lt.1 Telp./Faks. (0281) 643633

Jl. Prof. HR. Boenyamin 708 Purwokerto 53122.  

e-mail : mie_unsoed@yahoo.com