Home » Program Studi » S2 Agribisnis

S2 Agribisnis

Program Studi Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman berdiri tanggal 13 September 2016 (Ijin Kemenristek Dikti Nomor 335/KPT/I/2016).

VISI

Menjadi program studi magister agribisnis berkearifan lokal dan berkompeten pada pengembangan petani kecil (peasant) yang berwawasan global dan unggul pada tahun 2030.

MISI

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan magister agribisnis yang kompeten terhadap pengembangan petani kecil (peasant) yang berwawasan global.
  2. Mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  inovatif  melalui kegiatan penelitian agribisnis yang kompeten terhadap pengembangan petani kecil (peasant) yang berwawasan global.
  3. Menerapkan IPTEKS untuk memberdayakan petani kecil (peasant) ke arah pengembangan agribisnis yang berwawasan global.
  4. Melakukan kerjasama dengan pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran penelitian dan pengabdian.
  5. Peningkatan kualitas tata pamong untuk lebih menjamin tercapainya visi program studi agribisnis.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas proses pendidikan guna menghasilkan lulusan yang bermoral; memiliki kompetensi akademik dan professional khususnya di bidang agribisnis dan pembangunan pertanian dengan mengembangkan sumberdaya pedesaan khususnya petani kecil (peasant) yang berwawasan global.
  2. Meningkatkan  kemampuan  akademik  dengan  memberikan  bekal, wawasan dan pemahaman yang terbaik dalam bidang agribisnis dan pembangunan pertanian yang memiliki kemampuan wirausaha, sikap inovatif menuju efisiensi dan efektivitas, komunikasi, kepemimpinan, dan adaptasi yang baik.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten memecahkan  permasalahan melalui penelitian   dalam bidang agribisnis dan pembangunan pertanian.

PROFIL LULUSAN

       Lulusan  program  studi  Manajemen  Agribisnis  (S2)  dapat  bekerja atau berprofesi sebagai dosen, peneliti, analisis agribisnis, penyuluh pertanian, pelaku agribisnis, atau  konsultan  agribisnis. Pada lembaga/instansi pemerintah, lulusan PMA dapat bekerja sebagai pengambil keputusan  manajemen. Demikian  pula  pada  lembaga swasta, lulusan PMA dapat bekerja sebagai pengambil keputusan manajerial dalam perusahaan agribisnis. Hal ini sesuai dengan capaian pembelajaran dalam PMA.

KURIKULUM

        Kurikulum Program Magister Agribisnis mempunyai beban studi minimal 40 SKS, terdiri dari mata kuliah wajib (22 SKS),  mata kuliah pilihan (9 SKS), dan tugas akhir 9 SKS. Minat studi meliputi: (1) Manajemen Agribisnis dan (2) Pembangunan Pertanian. Mata kuliah tiap semester dapat dilihat pada tabel berikut.

 Semester I

Semester II

  • Minat Manajemen Agribisnis

  • Minat Studi Pembangunan Pertanian

Semester III

  • Minat Manajemen Agribisnis

  • Minat Studi Pembangunan Pertanian

Semester IV

  • Minat Manajemen Agribisnis

  • Minat Studi Pembangunan Pertanian

STAF PENGAJAR

Dosen pada Program Magister Agribisnis bergelar akademik profesor dan doktor lulusan universitas dalam dan luar negeri terkemuka, seperti tabel berikut.

FASILITAS

       Ruang kuliah menempati Gedung Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman, terdiri dari 3  ruang kelas yaitu Ruang Bougenvil dengan luas 111 m2 kapasitas 50 orang, Ruang Mawar dengan luas 62 m2  kapasitas 30 orang, dan Ruang Cempaka dengan luas 111 m2  kapasitas 50 orang. Seluruh ruang kuliah dilengkapi dengan AC, proyektor permanen dan WiFi. Laboratorium yang dapat digunakan terkait dengan penelitian berada di berbagai lingkup unit kerja, baik di Jurusan Sosial Ekonomi,  Fakultas Pertanian Unsoed maupun lingkup Universitas Jenderal Soedirman. Perpustakaan ada di beberapa unit kerja yaitu di Jurusan Sosial Ekonomi dan Layanan Informasi Ilmiah  Fakultas Pertanian Unsoed, di Fakultas Peternakan dan Perpustakaan Pusat Unsoed yang telah dilengkapi dengan online system baik dalam sirkulasi buku maupun dalam penelusuran jurnal (online journal).

CALON MAHASISWA

Program studi Magister Agribisnis terbuka untuk semua lulusan Sarjana (S1) yang berlatar belakang ilmu pertanian, peternakan, perikanan, biologi dan ilmu ekonomi dari program studi terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

PENDAFTARAN & SELEKSI

        Pendaftaran dilaksanakan setiap tanggal 1 Januari sampai 31 Juli. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500.000,00 melalui Bank Mandiri, Bank Jateng, BTN atau BRI. Pendaftaran dilakukan secara online dengan persyaratan:

  • Salinan ijazah S1 dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir dengan IPK minimal 2,75.
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Dua surat rekomendasi dari pihak/orang yang berkompeten
  • Surat ijin belajar dari instansi (bagi yang sudah bekerja)
  • Salinan TPA dari OTO Bappenas
  • Salinan TOEFL
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm dan 2×3 cm, masing-masing 2 lembar

       Persyaratan lebih lengkap dapat dilihat di laman http://spmb.pasca.unsoed.ac.id. Seleksi penerimaan mahasiswa meliputi ujian tulis dan wawancara.

BIAYA PENDIDIKAN

  1. Pendaftaran dan seleksi masuk Rp 500.000,00
  2. Uang Kuliah Tunggal Rp 6.500.000,00 per semester
  3. Administrasi wisuda Rp 500.000,00 (menyesuaikan)

Biaya-biaya ini tidak termasuk biaya hidup, uang buku, biaya penelitian dan biaya matrikulasi (bila diperlukan).

http://agribisnis.pasca.unsoed.ac.id/