• Dari kiri ke kanan : Wakil Direktur Bidang Akademik & Kemahasiswaan Dra. Yulia Sistina, M.Sc.Stud., Ph.D., Direktur Pascasarjana Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si., dan Wakil Direktur Bidang Umum & Keuangan Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M.Sc., Ph.D.

Home » Program Studi » Magister Agribisnis

Magister Agribisnis

Akreditasi B (Keputusan BAN-PT No. 3107/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2019 Tanggal 20 Agustus 2019)

Latar Belakang

Paradigma  pembangunan  pertanian  yang  relevan  di  era globalisasi  saat  ini  adalah  melalui pendekatan  agribisnis yakni  upaya  pengembangan  sumberdaya  pertanian  yang optimal  pada  semua  subsistem  agribisnis.   Sumberdaya pertanian tersebut berada di wilayah perdesaan, oleh karena itu  pengembangan  agribisnis  dapat  memberdayakan  dan meningkatkan   kesejahteraan   sebagian   besar   penduduk negara kita yang tinggal di wilayah perdesaan.

Namun peningkatan intensitas pengembangan agribisnis di era  globalisasi,  pertambahan   penduduk,  serta  kesadaran akan pentingnya sumberdaya  pertanian untuk  pemenuhan pangan dan gizi,  menjaga kesehatan dan sebagai sumber bahan  baku  industri,    menyebabkan  tekanan  lebih  besar pada pemanfaatan sumberdaya pertanian. Oleh karena itu, perlu kearifan dalam pengelolaan sumberdaya tersebut agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Untuk ini menuntut ketersediaan teknologi, inovasi, dan ahli pengembangan agribisnis yang profesional.

Program Studi Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman berdiri tanggal 13 September 2016 (Ijin Kemenristek Dikti Nomor 335/KPT/I/2016).

Visi

Menjadi Program Studi Magister Agribisnis UNSOED berkearifan lokal dan berkompeten pada pengembangan petani kecil (peasant) yang berwawasan global dan unggul pada tahun 2034.

Tujuan

Menghasilkan  lulusan  yang  memiliki  pengetahuan, keahlian, dan kemampuan akademik yang dapat digunakan untuk menjadi tenaga pendidik (dosen), peneliti, analisis agribisnis, penyuluh pertanian, pelaku agribisnis atau konsultan  agribisnis.  Pada  instansi  pemerintah,  lulusan PMA  dapat  bekerja  sebagai pengambil  keputusan manajemen  dan     pada  lembaga  swasta,  lulusan  PMA mampu   sebagai pelaku pengambil keputusan manajerial suatu perusahaan.

Profil Lulusan

Mengacu pada Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, lulusan PSM Agribisnis Unsoed diharapkan memenuhi kriteria sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.

Berdasarkan kriteria tersebut, PSM Agribisnis Unsoed bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang bermoral dan beretika baik, memiliki kompetensi akademik, profesional, unggul dan kompetitif, berjiwa kepemimpinan dan entrepreneur/technopreneurship, mampu memecahkan masalah dan berinovasi khususnya dalam pengembangan agribisnis dan pembangunan pertanian berkearifan lokal yang berkompeten pada pengembangan petani kecil (peasant) yang berwawasan global.

Berlandaskan pada kemampuan tersebut, para lulusan dalam aktivitasnya dapat melahirkan peluang-peluang baru dalam agribisnis dan pembangunan pertanian, yang akan menjadi inisiator bagi para pelaku agribisnis, terutama petani kecil untuk mengembangkan usahanya, maupun bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan dalam pembangunan pertanian

Kurikulum

Kurikulum Program Magister Agribisnis mempunyai beban studi minimal 38 SKS, terdiri dari mata kuliah wajib (26 SKS),  mata kuliah pilihan (12 SKS), dan tugas akhir 8 SKS.

Minat studi meliputi:

(1) Manajemen Agribisnis dan

(2) Pembangunan Pertanian.

Download Buku Kurikulum Magister Agribisnis 2020 disini

Download Brosur Magister Agribisnis disini

Dosen pada Program Magister Agribisnis bergelar akademik profesor dan doktor lulusan universitas dalam dan luar negeri terkemuka, seperti tabel berikut.

Nama

Alumni

Prof. Totok Agung, MP,PhD Kyushu University, Japan
Prof. Dr. Ir. Anny Hartati,S.U Universitas Padjadjaran
Prof. Dr. Imam Santosa, M.Si Institut Pertanian Bogor
Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S Universitas Padjadjaran
Dr. Ir. Kusmantoro E.S., M.S Universitas Gadjah Mada
Dr. Ir. Teguh Djuharyanto, M.P Universitas Brawijaya
Dr. Ir. Suyono, M.S Universitas Padjadjaran
Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P Universitas Brawijaya
Dr. Ir. Djeimy K., M.Sc Humboldt Univ of Berlin, Germany
Budi Darmawan, SP., MSc, Ph.D Humboldt Univ of Berlin, Germany
Dr. Ir. Hj. Dyah Ethika N., M.P Universitas Gadjah Mada
Dr. Rili Windiasih, M.Si Universitas Sebelas Maret
Prof. Dr. Eko Suyono, S.E,. M.Si Universitas Padjadjaran
Dr. Yusmi N.W., S.Pt., M.Si Universitas Gadjah Mada
Novie Andri S., S.Pt., M.Sc., Ph.D Agric. The Uni. of Queensland
Dr. Norman Arie P, S.Pi., M.Si Universitas Gadjah Mada
Dr. Dindy Darmawati Putri, S.P., M.P Universitas  Gadjah Mada
Dr. Irene Kartika Eka Wijayanti, S.P., M.S Universitas  Gadjah Mada
Dr. Adhi Iman S., M.Si Institut Pertanian Bogor
Dr. Ir. Lucie Setiana, M.P Universitas Diponegoro
Moch. Sugiarto, Ph.D UP Los Banos, Philippines
Dr. Rawuh Edy Priyono, M.Si Universitas Padjadjaran

 

Fasilitas

Ruang kuliah menempati Gedung Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman, terdiri dari 3  ruang kelas yaitu Ruang Bougenvil dengan luas 111 m2 kapasitas 50 orang, Ruang Mawar dengan luas 62 m2  kapasitas 30 orang, dan Ruang Cempaka dengan luas 111 m2  kapasitas 50 orang. Seluruh ruang kuliah dilengkapi dengan AC, proyektor permanen dan WiFi. Laboratorium yang dapat digunakan terkait dengan penelitian berada di berbagai lingkup unit kerja, baik di Jurusan Sosial Ekonomi,  Fakultas Pertanian Unsoed maupun lingkup Universitas Jenderal Soedirman. Perpustakaan ada di beberapa unit kerja yaitu di Jurusan Sosial Ekonomi dan Layanan Informasi Ilmiah  Fakultas Pertanian Unsoed, di Fakultas Peternakan dan Perpustakaan Pusat Unsoed yang telah dilengkapi dengan online system baik dalam sirkulasi buku maupun dalam penelusuran jurnal (online journal).

Pendaftar

Program studi Magister Agribisnis terbuka untuk semua lulusan Sarjana (S1) yang berlatar belakang ilmu pertanian, peternakan, perikanan, biologi dan ilmu ekonomi dari program studi terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Pendaftaran & Seleksi

Pendaftaran dilaksanakan mulai bulan Februari. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500.000,00 melalui Bank Mandiri,  Bank  Jateng,  BTN  atau  BRI.  Pendaftaran  dilakukan secara online dengan persyaratan:

  • Salinan ijazah S1 dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir dengan IPK minimal 2,75.
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Dua surat rekomendasi dari pihak/orang yang berkompeten
  • Surat ijin belajar dari instansi (bagi yang sudah bekerja)
  • Salinan TPA dari OTO Bappenas
  • Salinan TOEFL
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm dan 2×3 cm, masing-masing 2 lembar

Persyaratan lebih lengkap dapat dilihat di laman http://spmb.pasca.unsoed.ac.id. Seleksi penerimaan mahasiswa meliputi ujian tulis dan wawancara.

Biaya Pendidikan

  1. Pendaftaran dan seleksi masuk Rp 500.000,00
  2. Biaya registrasi Rp 400.000,00
  3. Uang Kuliah Tunggal Rp 6.500.000,00 per semester
  4. Biaya-biaya ini tidak termasuk biaya hidup, uang buku, biaya penelitian dan biaya matrikulasi (bila diperlukan).

 

Koprodi Magister Agribisnis : Dr. Dindy Darmawati Putri, SP. MP.

 

 

Sekretariat :

Program Magister Agribisnis

Gedung Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman

Jl. Dr. Soeparno Utara, Grendeng, Purwokerto, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah 53122.

Telp / Fax : (0281) 641622

Contact Person :

  • Dr. Dindi Darmawati P. (08157952757)
  • Adisti, S.E. (089669102020)

 

http://agribisnis.pasca.unsoed.ac.id/