Home » Profil » Prof. Drs. Agus Irianto, M.Sc., Ph.D.

Prof. Drs. Agus Irianto, M.Sc., Ph.D.

 

Program Studi S3 Ilmu Biologi UNSOED didirikan dengan visi  ”menjadi program studi yang unggul dalam biosains spesies tropis untuk memecahkan permasalahan global”. Adapun misi yang diemban adalah :

1)      Menyelenggarakan PS S3 Ilmu Biologi dengan fokus pada pengembangan biosains spesies tropis,

2)      Menyelenggarakan penelitian biosains yang berbasis spesies tropis,

3)      Mengembangkan pemberdayaan masyarakat melalui diseminasi dan alih ilmu dan teknologi hasil-hasil penelitian.

PS S3 Ilmu Biologi UNSOED dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu: (1) mengembangkan konsep biosains spesies tropis melalui penelitian; (2) mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian biosains spesies tropis; dan (3) melakukan pendekatan interdisipliner dalam berkarya di bidang biosains spesies tropis. Mata kuliah yang gayut dengan bahan kajian PS S3 Ilmu Biologi pada prinsipnya dikelompokkan menjadi mata kuliah yang mendukung: (1) landasan kepribadian, (2) penguasaan keilmuan dan ketrampilan, (3) kemampuan berkarya, (4) sikap dan perilaku dalam berkarya, dan (5) pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat.

Kelebihan yang ditawarkan oleh PS S3 Ilmu Biologi adalah penyampaian materi mata kuliah menekankan pada model pembelajaran secara student center learning (SCL) dan problem based learning (PBL). Pada model pembelajaran tersebut dan silabus mata kuliah, mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri berdasarkan permasalahan sesuai dengan fokus penelitian dalam rangka mencapai kompetensi sebagai peneliti mandiri dan ilmuwan yang memiliki integritas pada bidang ilmunya. Oleh karena sistem pembelajaran tidak berbasis kelas tetapi tetap harus mengakomodasi tingkat kehadiran 14 kali tatap muka.

Berdasarkan hal di atas maka kurikulum PS S3 Ilmu Biologi UNSOED dirancang untuk mencetak lulusan dengan kompetensi unggul, mandiri, konsisten, dan berkomitmen sebagai peneliti dan dosen serta profesi lain yang terkait biologi (khususnya bidang kajian spesies tropis). Kurikulum juga dirancang agar lulusan mempunyai kemampuan analisis sintesis, memecahkan persoalan terkait pemanfaatan sumber daya hayati khususnya spesies tropis, serta menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan dalam seminar dan jurnal nasional terakreditasi dan internasional. Karakter unggul seperti jujur, terbuka, berkomunikasi dengan baik, beretika akademis, disiplin, dan bertanggung jawab juga dijadikan landasan utama dalam mencetak lulusan PS S3Ilmu Biologi UNSOED. Oleh karena itu topik penelitian yang direkomendasikan bagi mahasiswa/ calon mahasiswa didasarkan pada track record dan kompetensi calon promotor dan ko-promotor yang merupakan lulusan perguruan tinggi terkenal di dalam dan luar negeri dan karyanya telah diakui secara internasional melalui berbagai fora ilmiah (artikel jurnal, seminar, workshop dan sebagainya) meskipun masih memungkinkan topik lain sesuai dengan minat mahasiswa/calon mahasiswa sesuai bidang yang diminati. Berdasarkan kompetensi calon promotor secara umum maka fokus riset promotor/ko-promotor dan mahasiswa diarahkan mengikuti road map penelitian sebagaimana Gambar 1. Adapun pakar-pakar kami sebagai kekuatan mewujudkan road map tersebut meliputi berbagai bidang kepakaran yaitu biodiversitas, biomolekuler, genetika, ekologi, ekosistem mangrove dan fisiologi baik tumbuhan, hewan maupun mikroorganisme. Kepakaran tersebut tidak hanya dalam artian basic keilmuan tetapi termasuk aplikasinya seperti kultur in vitro tumbuhan, bioproses, bioremidiasi dan enzim.

Gambar 1. Road map penelitian progam studi S3 Ilmu Biologi