Home » Berita » Kuliah Umum Smart Village

Kuliah Umum Smart Village

Start here

[pasca.unsoed.ac.id, Jum, 29/11/19] Untuk kesekian kalinya Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman menggelar kuliah umum untuk mahasiswa jenjang Pascasarjana. Kuliah umum kali ini mendatangkan seorang pakar mikroba yaitu Dr. Ir. Ali Zum Mashar,  beliau adalah alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan alumni S1 Pertanian Unsoed. Dr. Ir. Ali Zum Mashar berhasil menemukan mikroba yang dapat mengembalikan kondisi kesuburan tanah. Berkat penemuannya tersebut, Dr. Ali Zum Mashar memperoleh penghargaan Hak kekayaan Intelektual Luar Biasa tahun 2009.

Dr Ir Ali Zum Mashar berhasil menemukan mikroba google, yang mampu menyuburkan berbagai macam tanah. Mikroba google yang telah dipatenkannya tersebut mampu mandiri mengembangkan tanah sehingga menjadi subur.

Pada Kuliah Umum di Pascasarjana kali ini Dr. Ir. Ali Zum Mashar memberikan materi yang berjudul “Pengembangan Smart Village Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat“.  Smart Village merupakan sebuah konsep suatu desa yang memiliki sistem yang di dalamnya menekankan pemberdayaan partisipatif warganya untuk dapat maju dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan dasarnya dan menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cerdas. Sasarannya adalah Kesejahteraan Masyarakat Desa dengan membangun kemandirian dan kemajuan desa melalui penguatan kapasitas SDM yang berdaya saing, produktif dan memiliki ketahanan yang tinggi dalam menghadapi krisis dari dalam (ketidakberdayaan) dan tantangan dari luar (tekanan ekonomi) melalui kesadaran yang tinggi warga untuk berubah dan beradaptasi dengan cerdas  dan arif  serta memiliki kesadaran sosial.

Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dra. Yulia Sistina, M.Sc.Stud., Ph.D dan dimoderatori oleh Koordinator Program Studi Magister Penyuluhan Pertanian Moch. Sugiarto, Ph.D. Peserta kuliah umum adalah Dosen dan Mahasiswa Program Magister, diantaranya dari Magister Penyuluhan Pertanian, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Lingkungan, Magister Peternakan, dan Magister Ilmu Komunikasi. Hadir juga dalam kuliah umum kali ini perwakilan dari Penyuluh Pertanian Kabupaten Banyumas dan Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Purwokerto. (dk)

           

Materi Smart Village