Home » Berita » Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Character Building

Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Character Building

Start here

Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) menyelenggarakan Pelepasan dan Pembekalan Wisudawan Pascasarjana yang diikuti sebanyak 73 Calon Wisudawan. Acara bertempat di Cafe & Resto Garden JL. Dr. Suparno Karang Wangkal Purwokerto. Pembekalan Wisudawan menghadirkan narasumber Cecep Agus Supriyanto, S.H.,M.Si (ASDP Koordinasi Wawasan Kebangsaan KEMENKO POLHUKAM), dan Kombes. Pol. Drs Sutekad Mudji Rahardjo, S.H.,MH (Kepala Bidang KEMENKO POLHUKAM). Calon wisudawan pascasarjana ini terdiri dari Prodi Manajemen 34 orang, Imu Administrasi 10 orang, Ilmu Lingkungan 2 Orang, Peternakan 3 orang, Biologi 9 orang, Ilmu Hukum 7 orang dan Akuntansi 8 orang. Turut hadir Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua & Sekretaris Program Studi S2, Anggota Komisi Program Studi, Ketua Keluarga Alumni Pascasarjana Unsoed (KAPAS) beserta jajaran pengurus, dan calon wisudawan.

Tercatat sebagai predikat wisudawan dengan IPK tertinggi yaitu Thahrina Azriah, M.Si dengan IPK 4,0 Program Studi S2 Ilmu Administrasi. Sedangkan wisudawan lulus dengan masa studi tercepat 2 Tahun Luthfita Dwi Anggraeni, M.Pt Program Studi S2 Ilmu Peternakan, dan wisudawan lulusan termuda Mohamad Elang Rinto Adi, M.M Program Studi S2 Manajemen dengan Usia 24 Tahun.

Rektor UNSOED Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki era yang penuh dengan tantangan dan perubahan yang begitu cepat serta dinamis.  Dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan  yang dapat menjawab harapan dan kebutuhan zaman. “Sederhananya, mereka yang memiliki kecakapan intelektual dan kapasitas profesional adalah mereka yang akan bertahan dan mampu menjadi pemenangnya”, ungkap Rektor. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, maka Rektor berpesan kepada para calon wisudawan untuk senantiasa menjaga kerendahan hati walau dikenal sebagai insan yang tinggi prestasi.  Jadilah alumni UNSOED yang mengepakkan sayapnya ke luas angkasa, namun  pribadinya senantiasa membumi.  Sehingga, dikenal sebagai yang mampu selalu berkontribusi namun jauh dari kesan tinggi hati, merasa paling bisa sendiri apalagi menggurui.

Cecep Agus Supriyanto, S.H.,M.Si dan Kombes. Pol. Drs Sutekad Mudji Rahardjo, S.H.,MH memaparkan mengenai pemantapan wawasan kebangsaan dan Character Building dengan memiliki kepribadian termasuk didalamnya cara berfikir, nilai-nilai maupun tindakan yang berpedoman pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Selanjutnya disampaikan juga tentang strategi dalam meningkatkan karakter Bangsa sebagai pondasi pembangunan Sumber daya Manusia indonesia yaitu melalui keseimbangan antara kecerdasan  intelektual, kematangan emosional dan spritual serta amal kebajikan.

Selanjutnya perwakilan dari calon wisudawan Thahrina Azriah, M.Si mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan di Program Pascasarjana UNSOED atas kerjasama, keikhlasan serta kesungguhan dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani kebutuhan akademik mahasiswa hingga menyelesaikan studi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan kartu alumni Keluarga Pascasarjana UNSOED secara simbolis kepada Calon Wisudawan Pascasarjana.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!

Sumber : unsoed.ac.id