Home » Berita » Pascasarjana UNSOED Rintis Kerjasama Akademik Dengan Kementerian Pertanian

Pascasarjana UNSOED Rintis Kerjasama Akademik Dengan Kementerian Pertanian

Start here

Peningkatan kapasitas sumberdaya manusia menjadi isu sentral dalam pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia. Pada Jum’at 29 Desember 2017, Pihak Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan Program Pascasarjana UNSOED sangat sepaham dan sepakat bahwa sumberdaya manusia menjadi kunci utama Pendidikan nasional. Oleh karena itu komitmen untuk bekerja sama membangun sumberdaya manusia yang berkualitas dirintis dan selanjutnya dikonfigurasi dalam bentuk Memorandum of Understanding antara Unsoed dan BPPSDMP Kementan.

Acara pembahasan rancangan kerjasama akademik yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas / WR IV Drs. Sigit Wibowo,MM bertujuan mewujudkan kesepakatan terkait pelaksanaan tugas belajar tenaga PNS di lingkungan Kementerian Pertanian ke Program Magister dan Doktor di lingkungan UNSOED. Dalam sambutannya WR IV mengapresiasi inisiasi kerjasama tersebut dan berharap segera ditindaklanjuti untuk kesuksesan bersama. Kesuksesan tidak dapat diraih dengan kerja individual, namun dapat dicapai dengan kerjasama antar berbagai stakeholder. Selanjutnya Direktur Pascasarjana UNSOED Prof. Totok Agung DH.,MP.,PhD mengutarakan target peningkatkan jumlah mahasiswa S2 dan S3 UNSOED yang dapat dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai kementerian dan Lembaga negara.

Pihak Kementerian Pertanian dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Drs.Gunawan Yulianto,MM,MSi) mengapresiasi kerjasama yang diinisiasi oleh Program Pascasarjana Unsoed. Pembangunan sumberdaya manusia pertanian tidak dapat dilakukan sendiri tapi perlu melibatkan lembaga lembaga Pendidikan lain. Diharapkan juga ke depan Unsoed dapat membuka program magister dan doctor terapan untuk mengatasi perkembangan kebutuhan sumberdaya manusia. Pada akhirnya kepala Bidang Program dan Kerjasama Pusdiktan Dr.Siswoyo memberikan arahan untuk mengutamakan kualitas proses akademik dalam kerjasama tugas belajar pegawai PNS dilingkungan Kementan nantinya.

Tindaklanjut pembahasan pada saat ini adalah penandatangan MOU yang direncanakan pada bulan Januari 2018 sehingga pada semester gasal 2018 pegawai PNS Kementrian Pertanian sudah dapat melakukan pendaftaran mahasiswa S2 ataupun S3 dengan beasiswa dari Kementerian Pertanian. Kerja keras tersebut memberikan gambaran bahwa berbagai upaya memperkuat UNSOED dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Proses inisiasi kerjasama yang telah berjalan dengan lancar dan penuh kekeluargaan dilakukan sangat serius walaupun sudah di penghujung tahun 2017. Semoga Unsoed akan selalu menjadi institusi penting, signifikan, dan kontributif dalam percaturan akademik nasional.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak kenal Menyerah!

Sumber : unsoed.ac.id