Home » Berita » Kembangkan Pembangunan Pemberdayaan Desa

Kembangkan Pembangunan Pemberdayaan Desa

[Sen, 11/12/17] Mengangkat tema “Konfigurasi Komunikasi Pedesaan untuk pembangunan agribisnis dan pemberdayaan masyarakat”, Program Pascasarjana menggelar Seminar Akademik, Sabtu (09/12). Mendatangkan dua pakar yaitu Dr. Ir. Djuara Lubis (Ketua Program Doktor Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan  Institut Pertanian Bogor (KMP IPB)), dan Subejo, S.P.M.Sc.,Ph.D (Sekretaris Program Doktor Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Universitas Gadjah Mada (PKP UGM)).

Direktur Program Pascasarjana Unsoed Prof. Ir. Totok Agung Ph.D mengatakan, bahwa digelarnya seminar akademik atau kuliah umum itu bertujuan untuk membangun atmosfir akademik, membangun wawasan dan wacana serta membangun komunikasi antar mahasiswa pascasarjana lintas bidang ilmu. Menurut Prof Totok, hal itu sangat penting mengingat multi bidang sangat menarik dan tidak satu bidangpun yang dapat memecahkan persoalan bangsa.

Dalam pemaparannya Dr. Ir. Djuara Lubis menyebutkan aksi komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat ada lima hal diantaranya Advokasi, Pengorganisasian Komunitas dan Pengembangan Jaringan. Dari kelima itu, lanjutnya, yang sudah diteliti dan menunjukkan adanya  kemajuan pada masyarakat desa sekarang yaitu di Internet Opinion Leader. “Dimana masyarakat di pedesaan di seluruh tanah air, sudah pegang alat komunikasi seperti HP android untuk mengembangkan produk pertaniannya atau produk yang berbasis kearifan lokal lainnya,” paparnya. Sedangkan Subejo, S.P.M.Sc.,Ph.D dalam paparannya lebih menekankan pada teori penyuluhan pembangunan  dalam pemberdayaan masyarakat.

Seminar Akademik dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari staf pengajar FISIP, Peternakan, Pertanian, para mahasiswa Pasca Sarjana berbagai bidang, koordinator beberapa program studi, Dinas Perikanan dan Peternakan Banyumas, Dinas Pertanian Purbalingga dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diantaranya Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!

Sumber : http://unsoed.ac.id