Home » Akademik » Workshop Penyusunan SILABI & RPS Magister Ilmu Pangan

Workshop Penyusunan SILABI & RPS Magister Ilmu Pangan

Program Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian menggelar  Workshop Penyusunan Silabi & Rencana Pembelajaran Semester ( RPS ) Kurikulum S2 Ilmu Pangan 2017 di Ruang Seminar Teknologi Pertanian kompleks Gedung D Fakultas Pertanian, Senin 21 Agustus 2017.

Workshop ini diikuti oleh 20 peserta Tenaga Pendidik pengampu mata kuliah Program Magister Ilmu Pangan dan sebagai narasumber Dr Ir. Wilujeng Trisasiwi, MP. Ketua Panitia Workshop, Karseno, S.P., M.P., Ph.D menyampaikan sambutannya bahwa dari seleksi penerimaan mahasiswa baru pascasarjana   ada 9 calon mahasiswa baru program Magister Ilmu Pangan dengan IPK rata – rata diatas 3,2, kandidat mahasiswa baru S2 Ilmu Pangan bisa dikatakan terkait dalam bidang ilmu pangan di mana 8 orang dari bidang ilmu pangan dan 1 orang dari teknik industri pertanian.

Terkait dengan kegiatan, Beliau menyampaikan  workshop  bertujuan untuk memantapkan kurikulum yang telah disusun di forum rapat sebelumnya untuk selanjutnya dilengkapi dan disusun  serta diajukan ke dekan untuk dibuatkan Surat Keputusan sebagai dasar hukum acuan pembelajaran Magister Ilmu Pangan tahun ajaran 2017 / 2018.

Dr. Ir. Wiludjeng Trisasiwi, M.P memberikan penjelasan mengenai Silabus Mata Kuliah, Dasar Hukum Penyusunan RPS Mata Kuliah, Peninjauan Rencana Pembelajaran. Rencana pembelajaran dibuat berdasarkan peta capaian pembelajaran mata kuliah, peta capaian pembelajaran mata kuliah dibuat sebagai langkah awal perencanaan pembelajaran, rencana pembelajaran disusun berdasarkan peta capaian pembelajaran bahan kajian yang merupakan hasil dari analisis pembelajaran.

Acara workshop dilanjutkan dengan pemaparan silabi dan RPS Mata Kuliah wajib, pemaparan Silabi dan RPS mata kuliah minat kajian ( Rekayasa Proses Pangan, Mikrobiologi, Biokimia Pangan, Manajemen Industri Pangan) dan dilanjutkan dengan perumusan hasil oleh team perumus. Setelah workshop telah direncanakan Program Magister Ilmu Pangan akan melakukan kuliah perdana tanggal 4 september 2017 untuk memberikan gambaran dan motivasi ke para mahasiswa S2 bahwa  Magister Ilmu Pangan salah satu program dengan prospek yang tepat bagi mereka.

Maju Terus Pantang Mundur Tak Kenal Menyerah !!

Sumber : http://unsoed.ac.id