Home » Berita » Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed : Komitmen Memberdayakan Masyarakat Desa

Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed : Komitmen Memberdayakan Masyarakat Desa

[Unsoed.ac.id, Rab, 11/01/17] Meletakkan masyarakat sebagai subjek pembangunan, merupakan cerminan penghargaan kemampuan masyarakat. Dalam perspektif ini, Program Magister Penyuluhan Pertanian/Pemberdayaan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman hadir untuk ambil bagian dalam mengidentifikasi, menganalisa sekaligus memberikan solusi atas problematika dan dinamika dalam masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan kekhasan Unsoed sebagai perguruan tinggi yang memiliki kekhasan dalam pengembangan sumberdaya perdesaan berkelanjutan dan kearifan lokal.

Lulusan dari program studi yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2017  didesain untuk menjadi dosen, peneliti, konsultan penyuluhan, penyuluh pertanian lapangan dan tenaga pendamping pemberdayaan masyarakat. Kehadiran lulusan program studi berkarakter multidisiplin ini kiranya dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengelola isu-isu strategis di masyarakat, partisipasi masyarakat, hubungan masyarakat serta pengorganisasian masyarakat yang bermuara pada pemberdayaan masyarakat perdesaan berkelanjutan. Untuk menjadi magister di bidang ini, mahasiswa akan menempuh 42 sks, di mana 34 sks adalah beban wajib dan sisanya adalah pilihan. Program studi ini menawarkan dua peminatan, yakni penyuluhan pertanian dan pemberdayaan masyarakat. Minat Penyuluhan Pertanian menekankan pada aspek-aspek seperti Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian, Desain dan Teknik Komunikasi Penyuluhan Pertanian, Psikologi Sosial, Manajemen Adopsi dan Inovasi, Dinamika Kelompok dan Kepemimpinan, Sosiologi Komunikasi Penyuluhan, Desain dan Teknik Pendidikan Andragogi serta Desain Kurikulum Penyuluhan Pertanian. Sedangkan Minat Pemberdayaan Masyarakat membahas tentang hal-hal seperti Pengelolaan Kesehatan Berbasis Masyarakat, Pembangunan Pedesaan dan Entrepreneurship, Pengembangan Budaya Lokal dan Pariwisata Berbasis Masyarakat, Pengelolaan SDA Partisipatif dan Strategi Mitigasi Perubahan Lingkungan, Kebijakan Sosial dan Pengembangan Masyarakat, Aplikasi Komputer untuk Penelitian Pemberdayaan Masyarakat, Media Komunikasi dalam Pemberdayaan Masyarakat serta Pemberdayaan dan Advokasi Perempuan.

Program studi yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana UNSOED akan menjadi solusi komprehensif dalam melahirkan tenaga profesional di bidang penyuluhan pertanian dan pemberdayaan masyarakat. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam turut serta mengembangkan potensi yang ada dengan mengedepankan pada prinsip-prinsip berdikari dan komitmen mengedukasi sebagai suluh terang bagi dan oleh masyarakat. Calon mahasiswa (MPP/PM) dapat mendaftar secara daring atau online melalui laman https://spmb.pasca.unsoed.ac.id mulai Pebruari s/d 31 Juli 2017. Layanan informasi juga dapat melalui telpon di 0281-641628, 08122958647  (Yosi), 085228512020 (Adisti), via surat elektronik di info@unsoed.ac.id atau datang langsung ke Gedung Pascasarjana UNSOED, Jl. Dr. Soeparno Karangwangkal-Purwokerto.


Did you like this? Share it: