Home » Berita » UNSOED Kini Miliki 7 Program Magister dan 1 Program Doktor Baru

UNSOED Kini Miliki 7 Program Magister dan 1 Program Doktor Baru

Memasuki era yang semakin kompetitif, dibutuhkan sumberdaya manusia yang berkapasitas dan berdaya saing.  Menyikapi hal tersebut, UNSOED terpanggil untuk mempersiapkan proses pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan yang ada di masyarakat, yang salah satunya dikukan dengan membuka program studi magister dan doktor baru.  Menjelang akhir tahun 2016 ini, UNSOED telah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan pendidikan untuk 7 (tujuh) program studi S2 dan 1 (satu) program S3. Ada pun ketujuh program S2 atau magister tersebut meliputi Penyuluhan Pertanian, Agribisnis, Ilmu Pangan, Bioteknologi Pertanian, Sumberdaya Akuatik, Kenotariatan dan Ilmu Komunikasi. Sedangkan satu program doktor yang baru dibuka adalah untuk bidang ilmu ekonomi. Rencananya pada tahun 2017 mendatang pendaftaran untuk kesemua program studi akan dilaksanakan dengan sistem daring atau online. “Pendaftaran akan dimulai pada bulan Pebruari hingga 31 Juli 2017 melalui laman spmb.pasca.unsoed.ac.id“,  ungkap Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Dr. Rili Windiasih.

Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Program Magister merupakan pendidikan akademik dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengamalkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah sehingga  lulusannya dapat menjadi intelektual, ilmuwan yang berbudaya serta mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja sekaligus berkepribadian profesional.  Sedangkan Program Doktor didesain untuk mampu menemukan,menciptakan, dan/atau memberikan kontribusi kepada pengembangan, serta pengamalan IlmuPengetahuan dan Teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Melalui pendidikan doktoral, diharapkan lulusannya kelak mampu dan mandiri sebagai filosof dan/atau intelektual serta ilmuwan yang berbudaya serta menghasilkan dan mengembangkan teori melalui riset yang komprehensif dan akurat demi memajukan peradaban.

“Dengan demikian, UNSOED pada  tahun 2017 mendatang akan menerima mahasiswa baru pada 18 program magister dan 5 program studi doktor, “ungkap ahli penyuluhan dan pembangunan tersebut. Selain tujuh program studi yang baru, saat ini UNSOED telah memiliki 11 (sebelas) program studi magister, yakni Agronomi, Biologi, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Peternakan, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi, Sosiologi, Ilmu Lingkungan serta Industri Sumberdaya Hayati dan Kelautan. Selain itu, empat program studi doktor yang ada saat ini adalah Ilmu Pertanian, Biologi, Ilmu Manajemen dan Ilmu Peternakan.

Sumber : unsoed.ac.id